Kp. kebon Duren Jl. Ciliwung No. 61 RT 001 RW 001 Kel. Kalimulya Kec. Cilodong Kota Depok 16413 Jawa Barat - Indonesia product.support@polymedikal.com (021)-87911526 / 87917166
  • July 01, 2020

Pengobatan COVID-19 dengan Terapi Hiperbarik

Penyakit coronavirus (COVID-19) adalah gejala yang ditimbulkan oleh virus baru bernama 2019-nCoV yang umumnya mempengaruhi fungsi kerja paru-paru. Pada kasus COVID-19 yang lebih serius, timbulnya sindrom gangguan pernapasan akut (ARDS) adalah salah satu ciri utama dari kasus COVID-19 yang kritis. Gejala ARDS dapat langsung mengancam jiwa karena menyebabkan kadar oksigen dalam darah turun sehingga berpotensi terjadi gagal fungsi organ. Tidak ada pengobatan efektif tersedia yang diakui secara umum untuk menangani COVID-19, melainkan hanya perawatan atas gejala yang timbul. Perkembangan obat-obatan dan vaksin saat ini masih di tahap awal dan mungkin membutuhkan waktu berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun hingga siap digunakan. Pemasangan alat bantu pernafasan dan ventilator umumnya digunakan sebagai penanganan gejala COVID-19. Saat ini beberapa metode alternatif tengah dikembangkan, salah satunya adalah hyperbaric oxygen therapy (HBOT).

  • June 24, 2020

Hidup Berdampingan dengan Keadaan Kini

Pandemi virus korona atau Covid-19 salah satu tantangan bersama yang paling sulit dihadapi umat manusia sejak perang dunia terakhir. Di tengah pandemi, otoritas kesehatan nasional, perusahaan farmasi, universitas dan lembaga penelitian berlomba untuk menemukan antivirus atau vaksin untuk menyelamatkan nyawa manusia. Menghadapi kondisi sepanjang vaksin belum ditemukan, tentu tidak ada pilihan lain bahwa kita harus belajar hidup dengan virus korona. Lantas, apa saja pola hidup new normal di tengah pandemi Covid-19?

  • June 17, 2020

Siapkah Kita Menjalani New Normal?

Indonesia menjadi salah satu negara yang hendak melakukan skenario new normal atau normal baru. New normal adalah skenario untuk mempercepat penanganan COVID-19 dalam aspek kesehatan dan sosial-ekonomi. Pemerintah telah mengumumkan rencana untuk mengimplementasikan skenario new normal dengan mempertimbangkan studi epidemiologis dan kesiapan regional. WHO mengingatkan, setiap negara yang hendak melakukan transisi, pelonggaran pembatasan, dan skenario new normal harus memperhatikan pemerataan pelaksanaan protokol kesehatan dan keterlibatan masyarakat di dalamnya. Namun, Indonesia memiliki syarat sendiri untuk menerapkan new normal. Hal ini disampaikan oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional, Suharso Monoarfa, dengan mengklaim konsep new normal di Indonesia merujuk pada persyaratan yang dikeluarkan WHO. Padahal eksekusi protokol selama masa PSBB masih lemah. Keputusan transisi ke masa New Normal ini akan menimbulkan kesan seolah-olah keadaan sudah membaik. Bagaimanapun, pelonggaran PSBB dengan dalih menerapkan konsep new normal untuk membangkitkan perekonomian harus dilakukan dengan hati-hati.

  • June 10, 2020

Mengobati dari Kejauhan

Telemedicine didefinisikan sebagai layanan kesehatan jarak jauh dengan teknologi informasi dan komunikasi. Seperti halnya klinik virtual, telemedicine bertujuan untuk membantu dokter mengobati pasien tanpa tatap muka langsung. Telemedicine berfungsi menyediakan komunikasi waktu nyata antara pasien dan dokter, menyalurkan informasi pasien kepada dokter yang berada di lokasi lain, dan membantu dokter memonitor pasien dari jarak jauh dengan menggunakan gawai yang dapat mengambil data medis pasien. Proses kerja telemedicine meliputi transmisi citra digital, konsultasi video, dan diagnosis medis jarak jauh. Di Indonesia, telemedicine saat ini sangat dibutuhkan karena persebaran tenaga medis yang belum merata, maldistribusi fasilitas kesehatan, dan hambatan geografis yang menantang. Meski saat ini hampir semua orang memiliki akses gawai dasar telemedicine seperti telepon genggam dan komputer, namun kualitas dokumentasi yang buruk menuntut sistem baru yang lebih komprehensif dan berfokus pada bidang kesehatan. Keterbatasan teknis seperti lemah sinyal juga kerap menjadi kendala dalam pelaksanaan telemedicine. Selain itu, payung hukum seperti permenkes dan inpres dibutuhkan untuk menaungi telemedicine mengingat posisi telemedicine yang strategis dalam mendukung nawacita dan e-kesehatan Indonesia. Layanan telemedicine yang dilindungi hukum, dalam pelaksanaannya, masih terbatas pada telekonsultasi dan harus dilakukan antar fasilitas pelayanan kesehatan dalam negeri.

  • June 03, 2020

Ventilator dalam Pandemi Covid-19

Pandemi COVID-19 selama hampir setengah tahun ini telah menginfeksi sebagian populasi Indonesia dengan gangguan pernafasan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk penanganan pasien COVID-19 dengan gangguan pernafasan berat adalah dengan memasang ventilator pada pasien. Daruratnya kebutuhan Indonesia akan ventilator sempat diberitakan pada bulan April lalu saat Presiden RI Joko Widodo meminta bantuan ventilator kepada presiden Amerika Serikat. Selain itu, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) juga meluncurkan 55 produk buatan anak bangsa untuk percepatan penanganan COVID-19 pada bulan lalu (20/5), seperti dilansir oleh detikFinance. Berbagai produk dari rapid test hingga robot yang diluncurkan adalah karya dari berbagai institusi akademik, pemerintah, dan swasta. Dengan ketersediaan ventilator, diharapkan semakin banyak nyawa pasien COVID-19 yang bisa diselamatkan.

  • May 19, 2020

Kamar Isolasi Darurat

Tirto.id melansir perkembangan angka kasus Covid-19 pada Jumat (15/5) lalu. Jumlah kasus positif di Indonesia sudah mencapai 16.496 pasien dengan daerah DKI Jakarta sebagai daerah episentrum penularan yang memiliki penambahan harian tertinggi. Sebanyak 70,4% pasien di antaranya tengah menjalani perawatan atau isolasi saat ini.

  • May 15, 2020

Inovasi Produk dalam Penanganan COVID-19

Dilansir CNN pada Senin lalu (11/05), Dedi Mulyadi menyampaikan agar Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) digantikan dengan karantina komunal. PSBB dinilai tidak efektif karena aturannya terlalu panjang dan lama, selain itu juga terdapat beberapa kebijakan pemerintah pusat yang melonggarkan transportasi umum. Sebagai gantinya, bersamaan dengan penutupan daerah mulai dari tingkat RW akan disediakan masing-masing tempat karantina, pos penjagaan, alat pelindung diri, ambulans, dan alat pengukur suhu tubuh. Konsep karantina komunal tersebut saat ini tengah dijalankan di Purwakarta. Namun akses impor barang saat ini sedang dibatasi untuk mengatasi penyebaran penularan. Produksi dalam negeri saat ini menjadi pilihan tercepat untuk memenuhi permintaan pasar. Bekerja sama dengan Indofarma, Isolation Transport dan Isolation Transport Deluxe dibuat untuk menjawab kebutuhan tenaga medis Indonesia dalam penanganan pandemi COVID-19.

  • January 28, 2020

DIGITAL RADIOLOGY (DR)

Definisi Digital Radiologi (DR) adalah suatu bentuk pencitraan sinar-x, di mana detektor panel datar digunakan sebagai pengganti film. Dengan sistem DR gambar dapat dilihat di monitor segera setelah akuisisi, yang memakan waktu beberapa detik dan dapat disimpan / diteruskan dimanapun mereka dibutuhkan. Seperti gambar-gambar digital, beberapa salinan data gambar selalu identik. Digital Radiography adalah sebuah bentuk pencitraan sinar-X dimana sensor-sensor digital sinar-X digunakan menggantikan film fotografi konvensional. Dan processing kimiawi digantikan dengansistem komputer yang terhubung dengan monitor atau laser printer. Komponen Digital Radiography Sebuah sistem digital radiografi terdiri dari 4 komponen utama, yaitu X-ray source, detector Analog-Digital Converter, Computer, dan Output Device.

  • October 12, 2019

INDONESIA INTERNATIONAL HOSPITAL EXPO 2019

The 32nd Indonesia International Hospital, Medical, Pharmaceutical, Clinical Laboratories Equipment & Medicine Exhibition.

  • April 01, 2019

HYPERBARIC MEDICINE CONSULTANT

Pengaruh terapi oksigen Hiperbarik terhadap kadar gula darah pasien diabetes mellitus di instalasi kesehatan penyelaman dan hiperbarik kantor kesehatan pelabuhan kelas II Mataram